Sunday 11 February 2018

Cara Tradisional Mengobati Batuk Pilek pada Bayi

Setiap orang tua pasti menginginkan anaknya agar selalu sehat dan ceria setiap saat. Namun datangnya sakit secara tiba-tiba selalu saja membuat para orang tua kewalahan. Sakit yang diderita oleh anak, terlebih jika masih bayi pasti akan selalu membuat bayi tersebut menjadi rewel.
 
Batuk pilek merupakan salah satu hal menakutkan bagi orang tua karena bayi akan menjadi rewel dan sering menangis. Batuk pilek yang biasa menyerang bayi bisa terjadi akibat cuaca yang kurang baik, musim hujan, atau musim dingin. Batuk dan pilek ini tak jarang menyerang bayi secara bersama-sama sehingga saluran pernapasan bayi menjadi terganggu.

Jika bayi Anda sedang mengalami batuk pilek, berikut beberapa cara tradisional mengobati batuk pilek pada bayi :

Mandikan bayi menggunakan air hangat dan mandi uap.

Memandikan bayi dengan air hangat dan mandi uap merupakan salah satu cara tradisional mengobati batuk pilek pada bayi. Cara tradisional ini cukup mudah, siapkan terlebih dulu air hangat yang akan digunakan untuk memandikan bayi Anda. Jika sudah, rebuslah lagi air yang akan digunakan sebagai sumber uap sampai mendidih lalu masukkan air ke dalam kamar mandi dan tutup pintu kamar mandi tersebut agar uap air mendidih tadi berkumpul. Jika sudah, mulai mandikan bayi dengan air hangat yang sudah disiapkan dan uap air mendidih tadi akan mengenai bayi Anda.

Beri bayi waktu istirahat yang cukup

Jangan terlalu sering mengajak bayi Anda berjalan-jalan atau mengajaknya beraktifitas. Beri perhatian pada bayi Anda. Berikan bayi Anda waktu istirahat yang cukup agar bayi dapat membangun daya tahan tubuh.

Jika batuk pilek menyerang bayi Anda yang berumur 3 bulan ke atas, Anda bisa menggosokkan uap ke bagian pundak, punggung, dan juga leher agar bayi dapat tidur dengan pulas serta membuat hidung yang tersumbat akibat pilek pada bayi akan lebih ringan.

Jangan menggunakan obat-obatan generik 

untuk mengobati bayi berusia 1 sampai 9 bulan yang mengalami batuk pilek karena daya tahan tubuh bayi belum kuat menerima obat. Gunakan cara alami, dan jika terpaksa menggunakan obat, konsultasikan dengan dokter ahli.

Berikan minum air putih yang banyak


Jika mengalami batuk pilek pada bayi berusia 9 bulan, lakukan cara tradisional mengobati batuk pilek pada bayi dengan cara, berikan minum air putih yang banyak karena cara tersebut akan membantu bayi terhindar dari dehidrasi, mengencerkan lendir yang ada di tenggorokan, dan melegakan hidung yang tersumbat akibat pilek. Namun jika bayi Anda berusia di bawah 9 bulan, pastikan asupan ASI lebih banyak dari biasanya.

Obat batuk pilek disertai madu


Cara ini hanya bisa dilakukan untuk bayi dengan usia 12 bulan ke atas. Jangan memberikan obat batuk pada bayi yang berusia 12 bulan ke bawah. Dengan cara, buat campuran remasan jeruk nipis dengan kecap. Cara ini juga bisa digunakan untuk bayi berusia 9 bulan ke atas, balitam remaja, bahkan orang dewasa.

Beri waktu istirahat yang cukup untuk bayi karena cara ini akan membantu meringankan gejala batuk pilek. Banyak istirahat akan membuat tenaga bayi akan kembali dan meregenerasi sel tubuh yang rusak.

Demikian informasi tentang cara tradisional mengobati batuk pilek pada bayi yang bisa kami sampaikan. Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel kami. Semoga bermanfaat. Jika dirasa ada yang kurang, silahkan tambahkan komentar.


EmoticonEmoticon